Mencicipi Microsoft Edge Chromium yang Sudah Resmi Rilis

Screenshot aliqbal.net di browser Microsoft Edge Chromium versi Developer saat mengakses aliqbal.net

Beberapa bulan terakhir, saya sering menemukan banyak blog dan situs portal berita yang membahas mengenai rencana Microsoft untuk merombak Microsoft Edge dengan Chromium1. Dan hari ini, saya menemukan installer Microsoft Edge Chromium sudah tersedia secara secara resmi dengan 3 jenis versi, yaitu versi beta, versi developer, dan versi canary.

Berdasarkan penjelasan di situs resminya2, versi canary akan mendapatkan update setiap hari, kemudian versi developer mendapatkan pembaruan setiap seminggu sekali, dan yang terakhir versi beta akan mendapatkan pembaruan setiap 6 bulan sekali.

Sebagai pengguna setia Chromium, saya penasaran dan segera mencicipi versi developer. Hasilnya, browser Edge yang baru ini berjalan dengan baik di Windows 10. Meskipun Microsoft sepertinya menyarankan untuk menggunakan eksistensi yang mereka sediakan, dibrowser ini kita juga tetap bisa menggunakan ekstensi Chrome dari Chrome Web Store Google.

Screenshot aliqbal.net di Tab Baru browser Microsoft Edge Chromium versi Developer

Selain itu, Microsoft juga membuat dukungan sinkronisasi untuk fitur favorit, riwayat penelusuran, dan ekstensi untuk disinkronkan di Microsoft Edge. Namun sayangnya, browser ini belum bisa menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa defaultnya.

Dan untuk informasi tambahan, saat ini Microsoft Edge Chromium hanya tersedia untuk pengguna Windows 10.

Bagaimana tertarik menggunakannya? Silahkan temen-temen download langsung diwebsite resminya di link ini.

Daftar Referensi

  1. https://tekno.kompas.com/read/2018/12/05/13040087/microsoft-siapkan-peramban-serupa-chrome-sebagai-pengganti-edge
  2. https://www.microsoftedgeinsider.com/en-us/download/