Mencicipi Deepin, Distro Linux yang Elegan dan Ramah Pengguna

Deepin Desktop Environment (DDE) | Aliqbal.Net

Perhatian saya terpusat pada Deepin saat menjelajahi situs DistroWatch.com, yang menampilkan Deepin berada pada urutan ke 10 dari kunjungan halaman terbanyak selama 6 bulan terakhir.

Setelah mencari tau mengenai distro linux ini, dan berhubung saya ingin merasakan pengalaman penggunaan yang berbeda, kali ini saya mencoba mencicipi Deepin dengan Deepin Desktop Environment (DDE) yang memiliki tampilan desktop berbeda dari KDE, GNOME, dan Cinnamon yang mirip seperti desktop milik Windows.

Jadi, Deepin Desktop Environment (DDE) adalah salah satu alternatif desktop baru yang menarik saya untuk menggunakan Deepin.

Mengenal Deepin

Deepin adalah distribusi berbasis Debian (berbasis Ubuntu hingga versi 15 yang dirilis pada akhir 2015)1. Seperti yang tertera pada judul konten ini, Deepin menyediakan sistem operasi yang elegan dan ramah pengguna lewat lingkungan desktop yang disebut DDE atau Deepin Desktop Environment yang didasarkan pada toolkit Qt 5.

Faktor pembeda utama yang mendasari semakin populernya Deepin adalah Deepin desktop Environment (DDE) yang dikembangkan sendiri. Ini adalah salah satu lingkungan desktop yang lebih modern. Deepin adalah salah satu distro Linux pertama yang memanfaatkan teknologi HTML5.

Selain memusatkan perhatiannya pada desain intuitif, Deepin juga menyediakan aplikasi buatan sendiri seperti Deepin Software Center, DMusic, DPlayer dan aplikasi lainnya yang dirancang untuk pengguna biasa.

Dengan peluncuran versi 15 pada akhir 2015, distro Deepin yang berbasis di Cina, melepaskan basis Ubuntu dan beralih menggunakan Debian Linux Unstable. Setelah itu Deepin membawa banyak perubahan halus dalam basis kode dan akar perangkat lunak.

Bersamaan dengan perubahan afiliasi dasar, para pengembang, Deepin Technology Co. Ltd., sedikit mengubah nama distro, dari “Deepin Linux” sekarang menjadi “deepin.” Branding halus itu merupakan upaya untuk membedakannya dari rilis sebelumnya bernama “Deepin,” “Linux Deepin” dan “Hiweed GNU / Linux.”

Tangkapan Layar Deepin

Penasaran bagaimana tampilan Deepin desktop Environment (DDE) milik Deepin? Silahkan lihat tangkapan layar dibawah.

Tampilan Depan Deepin | Aliqbal.Net
Peluncur Aplikasi Deepin | Aliqbal.Net
App Store Deepin | Aliqbal.Net
Pemantau Sistem Deepin | Aliqbal.Net
Terminal Deepin | Aliqbal.Net
Pusat Kontrol Deepin | Aliqbal.Net

Ohh ya… tangkapan layar diatas sudah saya sesuaikan dengan tampilan yang ingin saya gunakan yaa. Selain itu aplikasi yang terlihat pada Dock Deepin, juga sudah saya sesuaikan dengan aplikasi yang sudah saya install.

Tertarik menggunakannya? Bisa temen-temen download di https://www.deepin.org/en/download/

Daftar Referensi

  1. DistroWatch.com